PPM
REGULER
USULAN
PROGRAM
PELATIHAN
DAN PENDAMPINGAN PRAKTIKUM ELEKTRONIKA DAYA; BERBASIS SIMULASI DENGAN PROGRAM MULTISIM
BAGI GURU-GURU SMK SE-PROPINSI DIY
Diajukan oleh :
Muhammad Ali, S.T.,M.T / 19741127 200003 1 001
Drs. S u n o m o, M.T. / 19561128 198601 1 001
Sigit Yatmono, M.T / 19730125
199903 1 001
Ariadie Chandra Nugraha, MT / 19770913 200501 1 002
Hana
Mustofa / 05501241016
Abid
Wildani / 05501241001
Wisnu
Pura Wijayanto / 05501241017
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS
NEGERI YOGYAKARTA
TAHUN
2011
A.
Judul
Pelatihan dan Pendampingan Praktikum Elektronika Daya Berbasis Program Multisim Bagi
Guru-Guru SMK-SBI Se-Propinsi DIY.
B.
Analisis
Situasi
Penguasaan
ilmu Elektronika Daya sebagai salah satu mata pelajaran Pemeliharaan Rangkaian Elektronik di Program Keahlian Teknik Pembangkitan merupakan
salah satu pilar pokok kompetensi dasar bagi
guru-guru SMK di bidang keahlian Ketenagalistrikan. Namun justru Elektronika
Daya ini ternyata menjadi mata-tatar yang banyak dikeluhkan kesulitannya oleh
Guru-guru yang mengikuti DIKLAT PLPG (hanya lulus 6 peserta dari 42 peserta
PLPG angkatan XIV Desember 2008) . Maklum bahwa ilmu elektronika daya belum
diperoleh oleh sebagian besar guru yang sekarang sedang menempuh program
setifikasi guru, maupun yang telah lolos sertifikasi, karena tidak terakomodasi
secara utuh sebagai sebuah bidang ilmu dalam mata kuliah di LPTK pada saat
mereka menempuh pendidikan guru.
Di
lain pihak, mahal dan sulitnya memperoleh modul praktikum Elektronika Daya menjadi
kendala bagi guru dalam memahami materi elektronika daya. Modul elektronika
daya terdiri dari beberapa komponen elektronika yang cukup mahal dan rentan
terhadap kerusakan akibat kesalahan perlakuan ketika dilakukan kegiatan
praktikum. Banyak ditemui modul praktikum elektronika yang sudah tidak
berfungsi dengan baik akibat kesalahan perlakuan ketika kegiatan praktikum di
SMK.
Salah satu cara untuk
mengatasi persoalan di atas adalah perlu adanya suatu mekanisme tambahan (suplemen) yang dapat digunakan sebagai media
pembelajaran tambahan sebagai pendamping guru, yakni melalui penataran dengan
kajian teori dan praktikum menggunakan perangkat lunak Multisim. Dengan model
pembelajaran teori dan praktikum melalui simulasi komputer diharapkan guru
mampu menguasai ilmu dasar elektronika daya dengan biaya murah karena tidak
perlu merakit secara fisik dan terhindar dari resiko kerusakan komponen jika
salah sambung. Dengan kata lain, semua percobaan untai elekronika daya sebelum
dirakit secara fisik untuk meyakini kebenaran kerjanya, dapat dicoba dulu
dengan simulasi. Dengan adanya
penataran melalui pengabdian masyarakat ini diharapkan nantinya guru dapat
meningkatkan pemahaman materi elektronika daya sebagai salah satu mata tatar
PLPG sekaligus pengetahuan tentang penggunaan software simulasi dapat
dipergunakan sebagai alat untuk penunjang kegiatan praktikum elektronika di SMK.
C. Landasan Teori
1. Pengertian
Elektronika Daya
Elektronika daya merupakan cabang
ilmu elektronika yang berkaitan dengan pengolahan dan pengaturan daya listrik
yang dilakukan secara elektronis (William,Jr, 1977). Apabila sebagian besar
bidang elektronika umumnya berkaitan dengan pemrosesan atau pengolahan sinyal,
maka elektronika daya berkaitan dengan
pengolahan atau pemrosesan energi listrik, yakni mengubah daya listrik
dari satu bentuk ke bentuk lainnya dengan mengendalikan atau memodifikasi
bentuk tegangan atau arusnya menggunakan
peranti elektronik. Dengan demikian
peranti elektronika daya bukan benda akhir dalam sistem, tetapi merupakan
peranti jembatan antara sumber energi listrik dengan konsumen atau pemakai
energi listrik.
2 Klasifikasi Bahasan Ilmu Elektronika Daya
Apabila dikaitkan dengan fungsi pokok
di atas, maka konverter daya dapat diklasifikasi menjadi:
Penyearah: , yang
berfungsi untuk mengubah tegangan bolak balik menjadi tegangan searah
Inverter:
mengubah tegangan searah menjadi tegangan bolak balik
Chopper (perajang): atau catu daya
mode penyakelaran, yang mengubah tegangan searah menjadi tegangan searah dengan
taraf tegangan bernilai lain, dan
Cycloconverter atau cycloinverter:
yang mengubah tegangan bolak balik ke tegangan bolak balik dengan taraf nilai
tegangan yang lain.
3 Perangkat
Lunak Multisim untuk simulasi Praktikum elektronika Daya
Multisim adalah program simulasi yang digunakan untuk melakukan simulasi
cara kerja sebuah rangkaian elektronika (Daniel,2007). Program multisim pertama
kali dibuat oleh perusahaan yang bernama Electronics Workbench yang merupakan
bagian dari perusahaan National Instrument dan pertama kali dikenalkan dengan
nama Electronics Instruments yang pada saat itu ditujukan sebagai alat bantu
pengajaran dalam bidang elektronika. Untuk dapat menjalankan program multisim 7
pada komputer anda dibutuhkan spesifikasi hardware sebagai berikut :
·
Kapasitas hard
disk yang dibutuhkan sebesar 50 MB
·
Operasi sistem
seperti Windows XP
·
Pentium III
·
Memory minimal
64 MB RAM
·
CD ROM drive
·
Resolusi layar
800 x 600
Di bawah ini gambar workspace pada
multisim :
Gambar 3. Workspace multisim
Komponen elektronika yang dibutuhkan
untuk melakukan simulasi rangkaian elektronika telah disediakan pada library
yang terdapat pada multisim. Komponen yang disediakan oleh multisim terdapat
dua jenis yaitu :
·
Komponen yang
bersifat virtual
Komponen virtual yang disediakan oleh multisim ini mempunyai nilai yang
dapat diatur sesuai dengan kebutuhan dan dianggap mempunyai nilai yang ideal
·
Komponen yang
bersifat real
Komponen real yang disediakan oleh multisim ini mempunyai nilai yang
tidak dapat diubah dan memiliki sifat praktis seperti yang dimiliki oleh
komponen elektronika yang digunakan pada dunia nyata.
Komponen yang telah diletakkan di
lembar kerja multisim agar dapat bekerja harus dihubungkan menjadi satu. Semua
komponen memiliki node yang dapat digunakan untuk menghubungkan semua komponen
yang ada pada lembar kerja. Proses ini disebut wiring, wiring dapat dilakukan
secara automatis atau secara manual. Multisim menyediakan berbagai jenis alat
ukur virtual yang dapat digunakan untuk melakukan simulasi.
D. Identifikasi dan Perumusan Masalah
Dari
uraian dalam bab pendahuluan di atas, maka dapat dirumuskan beberapa
permasalahan yang akan dipecahkan pada program kegiatan ini, yaitu :
1.
Sejauh mana peserta penataran dapat
menguasai materi dasar elektronika daya?
2.
Sejauh mana peserta penataran dapat
menggunakan program Multisim untuk mendemonstrasikan materi dasar elektronika
daya?
E.
Tujuan
Kegiatan
Tujuan
dari diadakannya kegiatan pengabdian ini meliputi :
1.
Memberikan bekal pengetahuan dan
ketrampilan kepada 25 guru SMK dalam bidang elektronika daya, khususnya
khususnya di bidang penyearahan, kendali fasa serta catu daya
2.
Sebagai titik awal diterapkannya model praktikum
elektronika daya dengan simulasi melalui program komputer
F.
Manfaat
Kegiatan
Manfaat
dari diadakannya kegiatan pengabdian ini, meliputi :
1. Potensi
Ekonomi Produk
Manfaat besar
yang bisa diharapkan dari kegiatan pelatihan ini adalah, peserta pelatihan yang
terdiri dari guru-guru SMK dapat lebih profesional dalam mengembang tugasnya,
mampu berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi elektronika dalam bidang elektronika
daya. Mampu membuat modul praktikum elektronika berbasis simulasi komputer yang
lebih murah dan mudah untuk anak didiknya di SMK.
2. Nilai
Tambah Produk dari sisi IPTEKS
Dengan
selesainya pelatihan ini, guru-guru dapat mengembangkan kemampuan individu,
khususnya dalam bidang elektronika daya dan mampu membuat media pembelajaran
yang berbasis simulasi yang berbiaya murah, karena tidak memerlukan komponen
elektronik seperti transistor, SCR dan Triac tegangan tinggi dan daya besar
yang umumnya berharga mahal dan sulit diperoleh di Yogyakarta.
3. Dampak
di Dunia Pendidikan
Penggunaan media
pembelajaran berbasis simulasi melalui program komputer lebih menarik dan
mengurangi resiko peralatan elektronika terbakar karena salah rakit atau salah
sambung karena untai elektronika yang salah rakit atau salah sambung jika
dicoba dengan komputer hanya akan menghasilkan pesan ”error” di layar. Siswa juga dapat mencobanya di rumah selama
tersedia komputer atau laptop, dalam rentang waktu kapan saja selama 24 jam tanpa adanya batas ruang dan waktu. Kecuali
itu, program Multisim tidak hanya untuk elektronika daya, tetapi untuk segala
untai elektronika, sehingga dapat dipakai untuk mata pelajaran praktikum
simulasi mata pelajaran elektronika dasar, elektronika lanjut maupun teknik
digital (Wolfgang Maichen, 2005) .
G.
Kerangka
Pemecahan Masalah
Langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan adalah
sebagai berikut :
1.
Melakukan analisis
kebutuhan pada guru-guru di SMK se-propinsi
DIY.
2.
Menyiapkan modul
pelatihan Elektronika
Daya dan modul Multisim
3.
Menghubungi khalayak sasaran untuk
melakukan koordinasi peserta dan waktu pelaksanaan kegiatan.
4.
Pelaksanaan kegiatan.
5.
Melakukan evaluasi
penguasaan materi dan praktik mengenai materi pelatihan.
6.
Melakukan umpan
balik terhadap pelaksanaan kegiatan pelatihan dari peserta.
7.
Memberikan
kesempatan berkonsultasi dan pembimbingan.
8.
Melakukan
pendampingan penggunaan
program Multisim untuk berbagai untai elektronik.
9.
Menunjukkan
perbandingan antara penggunaan modul praktek elektronika daya dengan penggunaan
modul berbasis simulasi komputer.
H.
Khalayak
Sasaran Antara yang Strategis
Khalayak
sasaran dari kegiatan ini secara langsung adalah 25 guru SMK yang berada di
propinsi DIY. Sedangkan efek domino yang diharapkan dari kegiatan ini adalah 1)
kemampuan menganalisis dan mendesain untai elektronika daya khususnya kendali
fasa dan simulasinya menggunakan program Multisim sebagai salah satu usaha
peningkatan kualitas pembelajaran, 2) guru-guru peserta pelatihan dapat
menularkan ilmu yang sudah didapatkan kepada guru-guru lainnya.
I.
Metode
Kegiatan
Metode yang digunakan pada kegiatan ini
dapat diperinci sesuai dengan tabel berikut :
No
|
Materi
|
Metode Kegiatan
|
1.
|
Pretest
|
tes individu
|
2.
|
Pengantar tentang elektronika daya
|
ceramah, diskusi
|
3.
|
Analisis teoritik untai-untai kendali fasa
|
ceramah, diskusi
|
4.
|
Instalasi program Multisim
|
tutorial,
praktik
|
5.
|
Aturan dasar cara penggunan Multisim
|
tutorial,
praktik
|
6.
|
Latihan dengan untai-untai sederhana (perhitungan teori dan simulasinya
dengan Multisim)
|
tutorial,
praktik
|
7.
|
Membandingkan penggunaan modul alat praktek dengan modul simulasi
Multisim
|
tutorial,
praktik
|
8.
|
Review materi
|
diskusi, tanya
jawab
|
9.
|
Postest
|
tes individu
|
10.
|
Tugas mandiri membuat untai kendali fasa, menghitung secara teoritik dan
simulasinya dengan program Multisim
|
tugas
|
11.
|
Pendampingan bagi yang memerlukan konsultasi
|
diskusi, tanya
jawab
|
J.
Rancangan
Evaluasi
Evaluasi
yang akan dilakukan terkait dalam kegiatan ini ada dua macam, yaitu :
No
|
Kegiatan
evaluasi
|
Waktu
pelaksanaan
|
Indikator
pencapaian
|
1
|
Pretest
|
Awal
kegiatan
|
Didapatkan
data awal kemampuan peserta
|
2
|
Postest
|
Akhir
kegiatan
|
80 %
peserta mampu menggunakan multisim sebagai media praktikum elektronika daya
|
K.
Rencana
dan Jadwal Kerja
Pelaksanaan
program pengabdian ini dilaksanakan di Laboratorium Komunikasi Data dan
Laboratorium Elektronika Daya Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY selama 6
minggu dengan perincian kegiatan sebagai berikut :
No
|
Kegiatan
|
Bulan ke-
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||
1.
|
Persiapan Awal
|
||||||
2.
|
Penyebaran Undangan & Pendaftaran Peserta
|
||||||
3.
|
Persiapan Materi
|
||||||
4.
|
Tes Kemampuan Awal
|
||||||
5.
|
Materi dasar elektronika daya
|
||||||
6.
|
Materi dasar kendali fasa menggunakan SCR
|
||||||
7.
|
Materi dasar kendali fasa menggunakan Triac
|
||||||
8.
|
Instalasi dan aturan dasar penulisan program Multisim
dan contoh-contoh penggunaannya
|
||||||
9.
|
Analisis kendali fasa secara teoritik dan
pembuktiannya secara simulasi dengan program Multisim
|
||||||
10.
|
Review Singkat
|
||||||
11.
|
Evaluasi Kemampuan dan Ketrampilan
|
||||||
12.
|
Tugas mandiri mendesain kendali fasa dengan SCR
dan Triac dan menghitung tegangan, arus serta
daya rata-rata dan efektifnya serta mensimulasikannya dengan progam Multisim
|
||||||
13.
|
Penyusunan dan Penyerahan Laporan
|
Daftar Pustaka
Hart,
Daniel W, 1997, Introduction to Power
Electronics, Prentice-Hall.Inc Upper Saddle NJ.
Muhammad
Din Nik, Introduction to Pspice Orcad Capture http://encon.fke.utm.my/courses/nikd/SEM1413/Intropspice.PDF
[31
Januari 2009]
University
of Pennsylvania, Department of Electrical and System Enginering 2006,PSPICE;
A brief primer, http://www.seas.upenn.edu/~jan/spice/PSpice/PspicePrimer.pdf
[5 Februari 2009]
William,
John Motto,Jr,1977, Introduction to Solid
State Power Electronics, Semiconductor.Inc , Youngwood,
Pennsylvania
Daniel, 2007,
Pengenalan Multisim 7, Bina Nusantara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar